Test Network Speed Wifi vs LAN pada Raspberry Pi 3

Raspberry Pi 3 saat ini saya gunakan untuk SmartTV sekaligus Home Automation. Maksudnya, kalau SmartTV bisa untuk nyetel Youtube pakai browser bawaan CHROMIUM, sedangkan play video bisa pakai aplikasi KODI untuk media centernya.

Raspberry Pi 3 atau kita singkat RPi 3 ini untuk home automation nya menggunakan Home Assistant yang dikombinasikan beberapa ESP8266 sebagai client nya, entah sensor ataupun GPIO expander untuk switchnya.

Pada kesempatan kali ini, kebetulan ada sedikit problem di koneksi networknya. Entah karena RPi 3 nya, Wifi Routernya atau Laptop saya sendiri. Iseng-iseng saya mencoba untuk mengetes performa antara Wifi dan LAN pada RPi 3. Kebetulan RPi 3 saya awalnya terkoneksi ke Wifi Router via WiFi, dan laptop saya terkoneksi ke LAN HUB -> WiFi Router via UTP.

Sebelum eksekusi, saya install terlebih dahulu IPERF3. Untuk RPi 3 sebagai server test saya langsung dengan menggunakan perintah:

sudo apt install iperf3
iperf3 -s -D > /tmp/iperf3.log

Sedangkan untuk di laptop saya sebagai client test saya install dari website iperf di https://iperf.fr/iperf-download.php . Setelah terinstall di laptop saya jalankan test sebagai client dengan perintah:

IPerf3 dengan koneksi WiFi pada RPi 3
IPerf3 dengan koneksi kabel LAN pada RPi 3

Ternyata fakta berbeda dengan realita. LoL.

Faktanya, kalau tidak salah, arsitektur WiFi pada RPi 3 terpisah pada SoC nya. Sedangkan Ethernet itu satu bus dengan USB Port. RPi 3 yang saya miliki, USB port nya sudah terpakai untuk 1 Flash disk extended storage (most writable seperti /var/log, micro SD untuk most readonly), dan 1 HDD external untuk storage media (movie). Teorinya, Ethernet/LAN harusnya bottleneck/lambat karena 1 bus, bila dibandingkan dengan WiFi yang pisah bus.

Tetapi realitanya pada test diatas, LAN/ethernet masih lebih cepat, bahkan hingga 3x lipat dibandingkan dengan WiFi. Entah mungkin saya belum melakukan stressing pada lalu lintas USB sehingga LAN masih lebih cepat. Tapi saat ini, setelah test ini saya ubah topologi RPi 3 yang semula menggunakan WiFi, menjadi menggunakan LAN saja, demi kelancaran Home Automation juga.

spacer

Leave a reply